Beauty Tutorials

Reapply Sunscreen SPF 30 Berapa Jam Sekali? Ini Panduan Lengkapnya!

reapply sunscreen spf 30 berapa jam sekali

Penggunaan sunscreen SPF 30 termasuk langkah penting dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya. Namun, salah satu hal yang masih kerap jadi pertanyaan adalah reapply sunscreen SPF 30 berapa jam sekali? 

Nyatanya, produk ini memang perlu diaplikasikan beberapa jam sekali untuk memaksimalkan manfaatnya dalam perlindungan kulit. Proteksi perlindungan sunscreen tidak akan bekerja optimal jika hanya digunakan sekali saja.  Oleh karena itu, bagi Anda yang belum tahu aturan reapply sunscreen SPF 30 berapa jam sekali, yuk simak jawabannya berikut ini. 

Reapply Sunscreen SPF 30 Berapa Jam Sekali?

Memahami reapply sunscreen SPF 30 berapa jam sekali merupakan hal yang direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology (AAD) dan Skin Cancer Foundation. Secara umum, kedua organisasi kesehatan ini pun menyarankan aplikasi ulang sunscreen dilakukan setiap dua jam sekali. 

Aturan tersebut juga sesuai dengan rekomendasi standar dari dermatologis. Sebab, sunscreen memang cenderung hilang atau berkurang efektivitasnya karena keringat, gesekan, atau paparan air, seperti saat berenang atau berolahraga. 

Olehnya itu, mengaplikasikan ulang setiap dua jam membantu memastikan perlindungan kulit tetap optimal. Namun, terlepas dari itu, reapply sunscreen juga bergantung pada sejumlah faktor di antaranya:

Jenis Aktivitas

Jika Anda beraktivitas di dalam ruangan, reapply sunscreen dua jam sekali sudah cukup. Meski begitu, apabila Anda kebanyakan beraktivitas di luar ruangan, terutama di bawah sinar matahari langsung, maka penting untuk lebih sering mengaplikasikan ulang sunscreen setidaknya sekitar 80 menit sekali. 

Kondisi Cuaca

Saat cuaca cerah, sinar UV memang lebih kuat dan dapat merusak kulit lebih cepat. Namun penting diingat bahwa meski cuaca sedang mendung, sinar UV masih bisa menembus awan dan merusak kulit sehingga Anda perlu tetap mengaplikasikan sunscreen setiap dua jam apapun kondisi cuacanya. 

Jenis Kulit

Jenis kulit juga mempengaruhi reapply sunscreen SPF 30 berapa jam sekali. Pasalnya, orang dengan kulit lebih terang memiliki lebih sedikit melanin yang membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV sehingga perlu lebih sering mengaplikasikan ulang sunscreen dibandingkan yang memiliki kulit lebih gelap. 


banner CTA Kosmetikpedia Collection re

Panduan Menggunakan Sunscreen SPF 30 yang Tepat

Mengetahui reapply sunscreen SPF 30 berapa jam sekali saja belum cukup karena untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal Anda juga penting menggunakannya dengan cara yang tepat. Maka, berikut panduan menggunakan sunscreen SPF 30 dengan benar.

Pilih Sunscreen yang Tepat

Pertama-tama, pilih sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sunscreen SPF 30 yang Anda pilih sebaiknya berlabel broad-spectrum atau spektrum luas yang artinya mampu melindungi kulit dari sinar UVA maupun UVB. 

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak atau cenderung berjerawat, pilihlah sunscreen berbasis gel atau yang bebas minyak. Sebaliknya, jika kulit Anda cenderung kering, pilih sunscreen berbasis krim yang mengandung pelembab. 

Aplikasikan Sunscreen Secukupnya

Kesalahan umum yang sering terjadi saat menggunakan sunscreen adalah tidak mengaplikasikannya dalam jumlah cukup. Penggunaan sunscreen dalam jumlah cukup memastikan semua area kulit yang terpapar sinar matahari mendapatkan perlindungan. 

Oleh karena itu, jangan terlalu pelit. Ahli kecantikan biasanya menyarankan pengaplikasian sunscreen sebanyak 2 ruas jari untuk seluruh wajah dan leher. 

Gunakan Sunscreen Sebelum Keluar Rumah

Sunscreen umumnya membutuhkan waktu untuk menyerap dan membentuk lapisan pelindung yang efektif. Maka, gunakan sunscreen setidaknya 15 menit sebelum Anda keluar rumah.

Hal itu untuk memastikan sunscreen sudah terserap secara maksimal di kulit dan siap melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Pastikan Reapply Sunscreen

Seperti yang sudah Anda tahu bahwa reapply sunscreen SPF 30 berapa jam sekali penting dilakukan. Dalam hal ini, untuk menjamin efektivitasnya tetap terjaga, maka segera aplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam atau setelah berenang maupun saat berkeringat. 

Bahkan, sekalipun Anda menggunakan sunscreen yang diklaim tahan air, reapply tetap perlu dilakukan. Jadi, jangan pernah lewatkan langkah yang satu ini, ya. 

Jangan Lupakan Area Tertentu

Beberapa area tubuh sering terlupakan saat mengaplikasikan sunscreen, khususnya bagian telinga hingga belakang leher. Padahal, area-area ini juga rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV. 

Maka, jangan lupa gunakan sunscreen ke area tersebut untuk melindungi dari bahaya sinar matahari yang bisa menyebabkan kerusakan. 

Gunakan Setiap Hari

Sinar UV bisa merusak kulit bahkan pada musim dingin. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen setiap hari, bukan hanya saat matahari terik. 

Sinar UV juga bisa menembus kaca sehingga Anda tetap perlu menggunakan sunscreen meskipun berada di dalam ruangan yang minim paparan sinar matahari.

Kombinasikan dengan Pelindung Lain

Selain menggunakan sunscreen, langkah-langkah perlindungan tambahan seperti mengenakan topi, kacamata hitam, dan pakaian tertutup dapat membantu memberikan perlindungan ekstra. Kombinasi ini akan mengurangi risiko kerusakan kulit lebih lanjut.

Rekomendasi Sunscreen SPF 30 yang Cocok untuk Anda

Sekarang Anda sudah tahu aturan reapply sunscreen SPF 30 berapa jam sekali hingga panduan cara tepat menggunakannya. Namun di sisi lain, Anda mungkin masih bingung memilih produk sunscreen karena ketidakcocokan dengan kulit Anda. 

Nah, sebagai rekomendasi, Dobca Skin Sunscreen With UV Protection bisa menjadi pilihan. Sunscreen dengan SPF 30 ini menghadirkan solusi komprehensif untuk perlindungan kulit sehari-hari.

Mengandung 3% glycerin, sunscreen ini bekerja sebagai humektan yang sangat efektif dalam menarik kelembaban sehingga memastikan kulit tetap terhidrasi sepanjang hari, bahkan dalam kondisi cuaca yang paling kering sekalipun. Kelembaban yang terjaga ini tidak hanya memberikan kenyamanan tetapi juga menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.




Selain itu, sunscreen ini diformulasikan dengan 3% Ceraskin P dan 7x ceramide, yakni dua bahan aktif yang berperan penting dalam memperkuat dan memperbaiki lapisan pelindung kulit. Hal itu memungkinkan Dobca Skin Sunscreen mampu mengurangi kehilangan air trans-epidermal, mencegah kulit dari kekeringan, iritasi, dan kerusakan akibat paparan sinar UV. 

Tambahan madu dalam formulanya memberi manfaat ekstra untuk menjaga kelembaban alami dan membantu menenangkan kulit yang iritasi. Madu juga memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang melindungi kulit dari polutan lingkungan dan membantu mempercepat proses penyembuhan kulit. 

Kombinasi bahan-bahan tersebut membuat Dobca Skin Sunscreen tidak hanya sebagai pelindung dari sinar matahari tetapi juga sebagai perawatan kulit yang mampu menutrisi dan memperbaiki kerusakan pada kulit. Hal terpenting adalah sunscreen dari Dobca Skin telah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi NA18231701103. 

Adanya sertifikasi BPOM itu memastikan bahwa produk ini aman dan terbukti berkualitas tinggi. Dengan penggunaan rutin, Dobca Skin Sunscreen pun akan memberikan perawatan intensif yang menjadikan kulit Anda sehat, lembab, dan terawat setiap hari.

Tertarik mencobanya? Yuk, pesan Dobca Skin Sunscreen With UV Protection sekarang juga dengan klik tombol di bawah ini! 


banner CTA Kosmetikpedia WA re