Beauty Tutorials

6 Cara Menggunakan Tabir Surya, Jangan Asal Oles!

cara menggunakan tabir surya

Tabir surya termasuk produk perawatan yang memiliki manfaat luar biasa, khususnya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Namun, manfaat tersebut tidak akan bekerja optimal jika Anda tidak menerapkan cara menggunakan tabir surya yang benar. 

Tidak cuma asal oles, tabir surya perlu diaplikasikan dengan cara yang tepat untuk memastikan seluruh bahan-bahan di dalamnya mampu memberikan perlindungan maksimal pada kulit. Nah, bagi Anda yang belum tahu, maka tak perlu khawatir.  Melalui artikel ini, Miss Kosped akan menyajikan panduan cara menggunakan tabir surya yang benar. 

6 Cara Menggunakan Tabir Surya agar Kulit Terlindungi

Pengaplikasian yang salah bisa membuat manfaat tabir surya menjadi tidak efektif. Maka, simak cara menggunakan tabir surya agar kulit terlindungi secara optimal. 

Bersihkan Wajah

Sebelum pakai tabir surya, cuci wajah terlebih dahulu menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastikan Anda membersihkan wajah secara menyeluruh agar kotoran, minyak, dan sisa makeup terangkat. 

Setelah itu, keringkan wajah dengan menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk lembut atau tisu dan hindari menggosok wajah agar tidak menyebabkan iritasi.

Gunakan Toner dan Serum (Opsional)

Jika Anda menggunakan toner dalam rutinitas perawatan kulit, maka aplikasikan setelah mencuci wajah. Toner berfungsi menyeimbangkan pH dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk perawatan berikutnya.

Anda juga bisa menggunakan serum sesuai dengan kebutuhan kulit. Produk ini dapat memberikan tambahan nutrisi dan manfaat khusus seperti hidrasi dan pencerahan kulit.

Pakai Pelembab

Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda sebelum mengaplikasikan tabir surya. Pelembab membantu menjaga kelembaban kulit dan membentuk lapisan pelindung. 

Oleskan pelembab ke seluruh wajah dan leher secara merata, lalu biarkan meresap beberapa menit. 

Aplikasikan Tabir Surya

Kini saatnya mengoleskan tabir surya ke seluruh wajah. Adapun cara menggunakan tabir surya yang benar adalah dengan mengaplikasikannya dalam jumlah cukup sekitar dua ruas jari. 

Selain ke wajah, oleskan pula tabir surya secara merata ke area yang kerap terabaikan seperti telinga dan leher. Biarkan tabir surya meresap secara maksimal selama 15-30 menit sebelum terkena sinar matahari atau sebelum mengaplikasikan makeup

Aplikasikan Ulang Secara Teratur

Tabir surya perlu diaplikasikan ulang setidaknya setiap dua jam sekali terutama jika Anda berkeringat atau setelah berenang. Meski beberapa produk mengklaim tahan air, perlindungannya tetap berkurang setelah terkena air atau keringat. 

Olehnya itu, pastikan Anda reapply tabir surya untuk memastikan perlindungannya tetap optimal.

Pelindung Tambahan

Setelah menggunakan tabir surya, upayakan untuk memakai topi lebar, kacamata hitam dengan perlindungan UV, dan pakaian berwarna gelap yang dapat menyerap sinar UV. Hal ini khususnya sangat penting jika Anda akan beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, upayakan Anda mencari tempat teduh atau memakai payung untuk menghindari kulit dari paparan sinar matahari langsung. 

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat memastikan kulit terlindungi secara efektif dari dampak negatif sinar matahari. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, dan mengurangi risiko kanker kulit.


banner CTA Kosmetikpedia Collection re

4 Tips Memilih Tabir Surya yang Tepat

Usai mengetahui langkah-langkah cara menggunakan tabir surya, maka kini penting pula untuk memahami tips memilih tabir surya yang tepat. Sebab, pemilihan produk akan turut menentukan efektivitas tabir surya dalam memberikan perlindungan pada kulit. 

Perhatikan SPF

Sun Protection Factor (SPF) menjadi hal yang perlu diperhatikan saat memilih tabir surya. Terkait ini, pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 karena dapat melindungi kulit dari 97% sinar UVB dan upayakan Anda memilih SPF yang lebih tinggi jika aktivitas Anda kebanyakan di luar ruangan. 

Spektrum Luas

Selain soal SPF, pastikan pula tabir surya yang Anda pilih memiliki label “broad-spectrum” untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pasalnya, sinar UVA menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit, sementara sinar UVB menjadi penyebab utama sunburn atau kulit terbakar. 

Jenis Kulit

Menerapkan cara menggunakan tabir surya saja tidak cukup, Anda juga perlu memastikan produk yang dipilih sudah sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit berminyak, pilih tabir surya berbasis gel atau yang non-komedogenik sementara bagi kulit kering, gunakan tabir surya berbasis krim yang mengandung bahan pelembab.

Jenis Tabir Surya

Tabir surya terdiri dari sejumlah jenis seperti chemical, physical, dan hybrid. Tabir surya chemical dengan bahan aktif avobenzone atau octocrylene biasanya lebih ringan dan mudah meresap sehingga cocok untuk kulit berminyak.

Adapun tabir surya physical yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide bekerja dengan cara memantulkan sinar UV dari kulit sehingga cenderung lebih lembut dan lebih aman untuk kulit sensitif maupun kering. 

Sementara tabir surya hybrid menggabungkan bahan aktif dari tabir surya chemical dan physical. Tabir surya ini bisa digunakan untuk kulit berjerawat maupun kombinasi. 




Rekomendasi Tabir Surya yang Efektif dan Aman

Setelah memahami cara menggunakan tabir surya dan tips memilih produknya, maka Kosmetikpedia akan memberikan rekomendasi tabir surya yang efektif. Salah satunya adalah Dobca Skin Sunscreen With UV Protection.

Produk tabir surya dengan SPF 30 ini tidak hanya aman karena telah lolos uji BPOM dengan nomor registrasi NA18231701103, tetapi juga mengandung bahan-bahan berkualitas sehingga menyimpan manfaat luar biasa untuk perlindungan kulit. 

Tabir surya Dobca Skin mengandung 3% glycerin untuk menjaga kelembaban alami kulit sehingga tetap terhidrasi sepanjang hari. Kandungan ini pun mampu menjaga elastisitas kulit sekaligus mencegahnya dari masalah kekeringan dan pengelupasan kulit.

Dobca Skin Sunscreen juga mengandung 3% Ceraskin P dan 7x ceramide, yaitu duo super yang bertindak sebagai pelindung kulit. Secara khusus, ceramide bekerja efektif untuk menjaga kelembaban alami kulit dan melindunginya dari polusi serta iritasi. 

Kombinasi ceramide dengan Ceraskin P meningkatkan kemampuan tabir surya ini untuk memperbaiki kerusakan kulit dan merangsang regenerasi sel. Hal itu pun menghasilkan kulit yang lebih halus, lebih kuat, dan lebih tahan terhadap faktor-faktor eksternal yang dapat memicu kerusakan kulit. 

Istimewanya lagi, tabir surya Dobca Skin mengandung madu yang kaya antioksidan dan memiliki sifat antibakteri. Antioksidan alaminya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sedangkan sifat antibakterinya membantu mengurangi risiko timbulnya jerawat dan peradangan kulit.

Dengan Dobca Skin Sunscreen, Anda tidak hanya mendapatkan perlindungan maksimal dari bahaya sinar UV, tetapi juga perawatan intensif yang menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda secara menyeluruh. Tabir surya ini pun cocok digunakan setiap hari, termasuk bagi Anda yang aktif berkegiatan di luar ruangan. 

Bagi Anda yang ingin merasakan manfaatnya secara langsung, yuk pesan Dobca Skin Sunscreen With UV Protection sekarang juga dengan klik tombol di bawah ini! 


banner CTA Kosmetikpedia WA re