Product Recommendations

Rekomendasi Sunscreen SPF 30 untuk Perlindungan Kulit Wajah

rekomendasi sunscreen spf 30

Untuk menjatuhkan pilihan pada rekomendasi sunscreen SPF 30 terbaik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan produk yang dipilih sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit serta cocok dengan anggaran yang kamu siapkan. Dengan begitu, tidak ada masalah yang akan dialami kulitmu di masa depan dan dompetmu tidak akan terasa mengempis.

Untuk diketahui, sun protection factor (SPF) merupakan ukuran yang digunakan untuk menentukan kemampuan produk tabir surya (sunscreen) dalam melindungi kulit dari sinar ultraviolet B (UVB). Mengetahui betapa pentingnya produk ini dalam rutinitas harian perawatan kulit (skincare), berikut Kosmetikpedia bagikan rekomendasi sunscreen SPF 30.

7 Manfaat Sunscreen SPF 30 untuk Kulit Wajah

Sebelum memilih rekomendasi sunscreen SPF 30, alangkah lebih baik jika kamu juga mengetahui manfaat dari penggunaan produk tabir surya yang satu ini. Pasalnya, tanpa bantuan sunscreen, kulitmu akan mudah terbakar akibat sinar matahari (sunburn) dan rentan terkena kanker kulit.

Sebagai informasi, angka SPF menunjukkan berapa lama produk dapat melindungi kulit dari sunburn dibandingkan dengan tidak menggunakan tabir surya. Misalnya, jika kamu biasanya mengalami sunburn setelah 10 menit terpapar sinar matahari, maka dengan menggunakan produk ber-SPF 30 kulit akan terlindungi selama 30 kali lebih lama atau sekitar 300 menit.

Melindungi Kulit dari Sinar UVB

Pertama, sunscreen dengan SPF 30 bermanfaat dalam memberikan perlindungan efektif terhadap sinar UVB. Dengan penggunaan rutin, risiko sunburn dapat diminimalisir, sehingga kulit tetap sehat. SPF 30 juga membantu mengurangi risiko kerusakan DNA pada kulit akibat paparan UVB yang berlebihan.

Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Menggunakan sunscreen SPF 30 secara teratur dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit yang disebabkan oleh sinar UVB. Sebagai informasi, penderita kanker kulit di Indonesia tercatat mencapai 6.170 orang per 2018. Dengan demikian, penggunaan sunscreen SPF 30 menjadi langkah penting dalam pencegahan penyakit yang mematikan ini.

Mencegah Penuaan Dini

Paparan sinar UV secara terus-menerus dapat mempercepat proses penuaan kulit, sehingga timbul kerutan dan garis-garis halus. Sunscreen SPF 30 akan membantu melindungi kulit dari efek merusak ini, sehingga kulit tampak awet muda lebih lama. Perlindungan ini juga membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit dan munculnya bintik-bintik penuaan.

Menjaga Warna Kulit Tetap Merata

Selanjutnya, sunscreen SPF 30 juga dapat membantu mencegah hiperpigmentasi dan bintik hitam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Dengan perlindungan yang cukup, kulit akan tetap memiliki warna yang merata dan terlihat lebih cerah. Penggunaan secara rutin juga membantu mencegah kulit menjadi kusam.

Melindungi Kulit Selama Perawatan

Banyak metode perawatan kulit, seperti laser dan eksfoliasi yang membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar UV. Dengan pengaplikasian produk rekomendasi sunscreen SPF 30, kulit akan mendapatkan perlindungan tambahan yang diperlukan selama masa pemulihan kulit. Dengan demikian, kulit akan terhindar dari kerusakan dan mempercepat proses penyembuhan.

Membantu Mencegah Kerusakan Kolagen

Paparan sinar UV dapat merusak kolagen dalam kulit yang penting untuk menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit. Sunscreen SPF 30 membantu melindungi kolagen dari kerusakan dengan menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Dengan melindungi kolagen, sunscreen juga membantu mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan.

Mempertahankan Kesehatan Kulit

Menggunakan sunscreen SPF 30 juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan dengan melindunginya dari berbagai jenis kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Perlindungan ini membantu kulit tetap lembap, tidak kering, dan tidak iritasi. Selain itu, sunscreen SPF 30 juga dapat mempertahankan fungsi skin barrier.


banner CTA Kosmetikpedia Collection re

5 Tips Pakai Sunscreen SPF 30 yang Tepat

Agar memperoleh manfaat yang lebih optimal dari rekomendasi sunscreen SPF 30, berikut tata cara mengaplikasikannya yang benar pada semua jenis kulit. Dengan begitu, kulit akan terlindungi tanpa terasa berat, lengket, atau berminyak, sehingga tidak mengganggu tampilan dan kepercayaan diri.

Aplikasikan dalam Jumlah yang Cukup

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari sunscreen SPF 30, pastikan kamu menggunakan dalam jumlah yang tepat. Banyak orang yang hanya mengaplikasikan sedikit tabir surya, padahal ini tidak cukup untuk melindungi seluruh permukaan kulit. Gunakan sekitar satu sendok teh atau dua jari sunscreen untuk wajah dan leher.

Menggunakan sunscreen terlalu sedikit tidak akan memberikan perlindungan yang optimal terhadap sinar UV. Pastikan untuk mengoleskannya secara merata di seluruh area kulit yang terbuka. Dengan demikian, kamu dapat memaksimalkan manfaat perlindungan dari sunscreen SPF 30.

Gunakan Sunscreen 15-30 Menit Sebelum Keluar

Agar sunscreen SPF 30 bekerja efektif, aplikasikan setidaknya 15-30 menit sebelum beraktivitas. Waktu ini diperlukan agar bahan aktif yang terkandung dapat menyerap ke dalam kulit dan mulai bekerja melindungi dari sinar UV. 

Jika kamu langsung keluar ruangan setelah mengaplikasikan sunscreen, maka kulitmu mungkin belum sepenuhnya terlindungi. Pastikan juga untuk mengaplikasikan sunscreen pada semua area yang sering terlewat, seperti telinga, bagian belakang leher, dan kaki. Dengan persiapan ini, kulit akan terlindungi dengan baik saat terpapar sinar matahari.

Pakai Ulang Sunscreen Setiap Dua Jam

Produk rekomendasi sunscreen SPF 30 perlu diaplikasikan ulang setiap dua jam sekali, terutama jika kamu beraktivitas di luar ruangan atau berkeringat. Air dan keringat dapat mengurangi efektivitas sunscreen. Dengan reaplikasi yang rutin, kamu dapat mempertahankan perlindungan kulit dari sinar UV.

Bawa sunscreen kemanapun kamu pergi agar selalu siap untuk diaplikasikan ulang. Tujuannya untuk menjaga kulit tetap terlindungi sepanjang hari. Pastikan juga memeriksa label produk untuk petunjuk khusus mengenai berapa kali reaplikasi.

Kombinasikan dengan Produk Pelindung Lainnya

Selain menggunakan sunscreen SPF 30, kombinasikan dengan atribut tambahan, seperti topi, pakaian yang menutupi kulit, dan kacamata hitam. Langkah ini akan memberikan perlindungan ekstra dari sinar UV yang berbahaya. Selain itu, berada di tempat teduh saat matahari sedang terik juga dapat membantu mengurangi paparan sinar matahari langsung.

Memadukan sunscreen dengan langkah-langkah perlindungan lainnya akan lebih efektif dalam menjaga kesehatan kulit. Dengan begitu, kamu dapat menikmati aktivitas di luar ruangan tanpa khawatir dengan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Pilih Sunscreen yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Pastikan kamu memilih sunscreen SPF 30 yang sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk kulit berminyak, pilih produk berbasis gel atau yang memiliki formula non-komedogenik agar tidak menyumbat pori-pori. Sedangkan untuk kulit kering, pilih produk yang mengandung bahan-bahan pelembap, seperti hyaluronic acid atau ceramide.

Menggunakan sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit akan membuat penggunaannya lebih nyaman dan efektif. Dengan penggunaan yang tepat, kamu dapat melindungi kulit sekaligus merawat kondisi kulit secara keseluruhan.

Rekomendasi Sunscreen SPF 30 yang Efektif

Setelah memahami keunggulan dari penggunaan tabir surya ber-SPF, berikut Kosmetikpedia berikan rekomendasi sunscreen SPF 30. Selain dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV, produk ini juga diperkaya dengan bahan-bahan aktif yang berfungsi dalam menjaga kulit tetap sehat dan terawat.

Dobca Skin SunScreen With UV Protection merupakan produk tabir surya memiliki legalitas dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan nomor registrasi NA 18231701103. Produk ini dirancang khusus dengan bahan-bahan premium, seperti 3% glycerin, 3% ceraskin P, 7x ceramide, dan madu.

Sebagai salah satu rekomendasi sunscreen SPF 30, produk dari Dobca Skin yang satu ini tidak hanya dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari, tetapi juga dapat menjaga kelembapan kulit.

Dengan begitu, kulit tidak akan kering atau iritasi. Kamu bisa mencoba Dobca Skin SunScreen With UV Protection dengan menekan tombol di bawah ini.


banner CTA Kosmetikpedia WA re