Product Recommendations

Kenapa Setelah Eksfoliasi Wajah Jadi Kusam? Ini Penyebab

kenapa setelah eksfoliasi wajah jadi kusam

Pertanyaan seperti kenapa setelah eksfoliasi wajah jadi kusam, mungkin akan muncul di pikiran. Pasalnya, beberapa orang yang alih-alih mengalami kondisi kulit yang membaik, tetapi justru menderita beberapa masalah kulit yang tidak diharapkan terjadi setelah penggunaan eksfoliator kimia (chemical exfoliator) atau eksfoliator fisik (physical exfoliator).

Dengan mengetahui jawaban dari pertanyaan kenapa setelah eksfoliasi wajah jadi kusam, pengguna bisa memahami apa yang menjadi sumber masalah. Harapannya, pengguna bisa menemukan solusi terbaik dalam mengaplikasikan salah satu produk perawatan kulit atau skincare yang fokus pada pembersihan ini.

Kenapa Setelah Eksfoliasi Wajah Jadi Kusam?

Untuk menjawab pertanyaan dari kenapa setelah eksfoliasi wajah jadi kusam, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Dengan begitu, pengguna tidak hanya fokus pada akibat yang dihasilkan dari penggunaan suatu produk skincare, tetapi juga mencari beberapa faktor yang berpotensi menyebabkan kulit menjadi tidak cerah.

Hal ini penting untuk dipahami bahwa perawatan kulit yang tepat tidak hanya berfokus pada satu jenis produk saja. Pasalnya, setiap kulit memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga apa yang berhasil bagi satu orang belum tentu berhasil bagi yang lain. Mengidentifikasi faktor penyebab ini dapat membantu mencegah masalah kulit lebih lanjut.

Terlalu Sering Eksfoliasi

Eksfoliasi yang berlebihan dapat merusak skin barrier, sehingga membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya. Saat skin barrier rusak, kulit menjadi lebih rentan terhadap iritasi dan tampak kusam. Sebaiknya, batasi eksfoliasi hanya dua hingga tiga kali seminggu agar kulit tetap sehat.

Penggunaan Produk yang Terlalu Kuat

Menggunakan produk eksfoliasi dengan bahan kimia yang terlalu keras dapat menyebabkan kulit iritasi dan kehilangan kilau alaminya. Produk ini dapat mengikis minyak alami kulit atau sebum yang berfungsi menjaga kecerahan kulit. Oleh karena itu, penting untuk menjatuhkan pilihan pada produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit.

Kurangnya Hidrasi Setelah Eksfoliasi

Setelah proses eksfoliasi, kulit cenderung kehilangan kelembapan sehingga tampak lebih kering dan kusam. Tanpa hidrasi yang cukup, kulit tidak dapat pulih dengan baik, sehingga mengganggu regenerasi sel-sel kulit baru. Gunakan pelembap atau serum untuk mengunci kelembapan setelah eksfoliasi.

Eksfoliasi saat Kulit Sedang Stres

Melakukan eksfoliasi pada kulit yang sedang stres atau teriritasi hanya akan memperburuk kondisi kulit dan membuatnya tampak kusam. Stres pada kulit dapat memperlambat proses regenerasi sel, sehingga kulit terlihat lelah dan kehilangan kilau. Beri waktu bagi kulit untuk pulih sebelum melakukan eksfoliasi.

Tidak Menggunakan Sunscreen Setelah Eksfoliasi

Eksfoliasi membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Hal ini menjadi jawaban dari pertanyaan kenapa setelah eksfoliasi wajah jadi kusam, karena tanpa perlindungan dari tabir surya atau sunscreen, kulit bisa mengalami hiperpigmentasi. Paparan sinar ultraviolet (UV) yang terus-menerus juga dapat mempercepat tanda-tanda penuaan.

Proses Eksfoliasi yang Kasar

Eksfoliasi fisik yang dilakukan terlalu kasar dapat menyebabkan micro-tears (sobekan kecil) pada permukaan kulit yang membuatnya tampak tidak rata dan kusam. Gerakan yang kasar saat eksfoliasi dapat merusak tekstur kulit dan menyebabkan peradangan. Selalu lakukan eksfoliasi dengan lembut untuk menjaga kulit tetap halus.

Penggunaan Eksfoliator yang Tidak Sesuai dengan Jenis Kulit

Eksfoliator yang tidak cocok dengan jenis kulit dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisi kulit, membuatnya tampak kusam dan tidak sehat. Kulit berminyak, kering, dan sensitif memerlukan jenis eksfoliator yang berbeda untuk hasil yang optimal. Pilih eksfoliator yang tepat agar kulit tetap bersinar dan tidak kusam.


banner CTA Kosmetikpedia Collection re

Cara Eksfoliasi yang Aman dan Efektif

Setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan kenapa setelah eksfoliasi wajah jadi kusam, kini penting untuk memahami tata cara penggunaan produknya. Dengan begitu, kulit yang diharapkan bersih juga bisa memperoleh manfaat positif lainnya, termasuk warna kulit merata, sehat, sekaligus ternutrisi.

Berikut tips umum penggunaan eksfoliasi yang aman bagi semua jenis kulit, baik kulit kering, kombinasi, berminyak, maupun sensitif. Harapannya, setiap orang bisa memperoleh hasil kulit yang sehat, cerah, dan bercahaya setelah menggunakan produk eksfoliator sebagai salah satu rutinitas mingguan skincare

Pilih Produk yang Tepat untuk Jenis Kulit

Memilih eksfoliator yang sesuai dengan jenis kulit sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah iritasi. Eksfoliator kimia yang lembut, seperti asam alfa-hidroksi (AHA) atau asam beta-hidroksi (BHA) sangat cocok untuk kulit sensitif, sedangkan eksfoliator fisik lebih efektif untuk kulit berminyak.

Batasi Frekuensi Eksfoliasi

Eksfoliasi yang aman dan efektif biasanya dilakukan dua hingga tiga kali seminggu, tergantung pada jenis kulit. Eksfoliasi berlebihan dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan dan justru menjadi lebih kusam. Inilah sebabnya kenapa setelah eksfoliasi wajah jadi kusam, karena terlalu sering mengelupas kulit dapat merusak skin barrier.

Gunakan Gerakan Lembut saat Eksfoliasi

Saat melakukan eksfoliasi fisik, penting untuk menggunakan gerakan lembut dan melingkar untuk menghindari iritasi kulit. Eksfoliasi yang kasar dapat menyebabkan micro-tears pada kulit, membuatnya lebih rentan terhadap kekeringan dan tampak kusam. Gerakan kasar bisa menjelaskan kenapa setelah eksfoliasi wajah jadi kusam dan terasa tidak halus.

Jangan Lupakan Hidrasi Setelah Eksfoliasi

Setelah eksfoliasi, kulit membutuhkan kelembapan ekstra untuk membantu proses regenerasi sel dan mencegah kekeringan. Menggunakan serum atau pelembap yang kaya akan hyaluronic acid dapat membantu mengunci kelembapan dan menjaga kulit tetap terhidrasi dan bercahaya. Tanpa hidrasi yang tepat, ini bisa menjadi alasan penyebab kulit menjadi kusam.

Selalu Gunakan Sunscreen Setelah Eksfoliasi

Eksfoliasi membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV, sehingga penggunaan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut. Sunscreen membantu mencegah hiperpigmentasi dan kulit kusam akibat paparan sinar matahari. Tidak menggunakan perlindungan SPF bisa menjadi penyebab kulit tidak bercahaya atau glowing.

Rekomendasi Skincare untuk Eksfoliasi yang Aman

Setelah memahami kenapa setelah eksfoliasi wajah jadi kusam, kini Kosmetikpedia berikan beberapa rekomendasi produk eksfoliator yang layak untuk dicoba. Produk-produk berikut tidak hanya menawarkan pembersihan kulit wajah yang efektif, tetapi juga mendapatkan respons positif dari para penggunanya, termasuk kulit menjadi cerah.

Hiqween Skin Nutrition Gentle Exfoliating Cream

Hiqween Skin Nutrition Gentle Exfoliating Cream merupakan eksfoliator krim yang mengandung mandelic acid 3%. Mandelic acid termasuk salah satu jenis AHA yang mempunyai molekul paling besar, sehingga bersifat paling gentle untuk kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir kulit rentan menjadi iritasi.

Selain mandelic acid, produk ini juga dirancang khusus dengan bahan-bahan, seperti sea water, citric acid, asam laktat, malic acid, ekstrak propolis, niacinamide, vitamin C, dan ekstrak daun teh. Kemudian, ada ekstrak jeruk Bali, lemon, tomat, bilberi, Rosa canina fruit oil, dan olive oil (Olea europaea) atau minyak zaitun.

Tidak hanya mengandung bahan-bahan aktif premium, Hiqween Skin Nutrition Gentle Exfoliating Cream juga sudah memiliki nomor registrasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) NA 18210200538. Artinya, produk ini memang terbukti aman untuk membersihkan, melembapkan, sekaligus mencerahkan karena kandungan vitamin C dan niacinamide.

Byzoe True Exfo You Need

Produk berikutnya yang juga layak untuk dicoba, yakni Byzoe True Exfo You Need. Eksfoliator dengan nomor BPOM NA 18220200636 ini bisa digunakan oleh pemilik kulit sensitif, kulit berjerawat, hingga skin barrier rusak. Oleh sebab itu, produk ini sangat aman digunakan oleh semua jenis kulit yang menginginkan pembersihan secara efektif.

Produk ini dirancang khusus dengan AHA, 2 jenis BHA, niacinamide, Centella asiatica, dan ceramide. Dengan begitu, tidak ada lagi keluhan seperti kenapa setelah eksfoliasi wajah jadi kusam, karena bahan-bahan ini dikenal efektif dalam mengangkat sel-sel kulit mati, engatasi jerawat dan bruntusan, hingga mencerahkan kulit.

Byzoe True Exfo You Need juga dapat meredakan kemerahan, membantu memulihkan skin barrier rusak, dan membantu menyamarkan bopeng. Kemudian, menghilangkan bekas luka, menghilangkan bekas jerawat, menutrisi kulit, dan melembabkan kulit, sehingga menjadi paket komplit dari perawatan kulit.

Segera rasakan manfaat dari Hiqween Skin Nutrition Gentle Exfoliating Cream dan Byzoe True Exfo You Need. Tak hanya kulit menjadi bersih, produk ini menawarkan beberapa manfaat lainnya, termasuk kulit menjadi cerah. Temukan kedua produk ini di Kosmetikpedia dengan menekan tombol di bawah ini.


banner CTA Kosmetikpedia WA re