Beauty Insight

7 Fungsi Facial Cleanser untuk Kulit Bersih dan Segar

fungsi facial cleanser

Facial cleanser termasuk produk yang sangat penting untuk perawatan kulit. Saking pentingnya fungsi facial cleanser, produk ini menjadi salah satu basic skincare yang wajib digunakan setidaknya dua kali sehari. 

Oleh karena itu, pemakaian produk ini benar-benar tidak boleh dilewatkan demi memastikan kulit terjaga kesehatannya. Nah, bagi Anda yang belum terlalu paham mengenai produk tersebut, yuk simak ulasan lengkap seputar fungsi facial cleanser berikut ini. 

Apa Itu Facial Cleanser?

Sebelum mengetahui fungsi facial cleanser, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa produk perawatan kulit ini diformulasikan khusus untuk membersihkan permukaan kulit wajah. Namun berbeda dari sabun biasa, facial cleanser dirancang dengan formulasi lebih lembut untuk mencegah potensi iritasi.

Menariknya, facial cleanser hadir dalam berbagai bentuk, seperti gel, krim, atau minyak, yang masing-masing memiliki tekstur dan konsistensi berbeda sesuai dengan jenis kulit yang menjadi target penggunaannya. Setiap jenis facial cleanser ini dibuat dengan campuran bahan-bahan tertentu yang bertujuan untuk membersihkan kulit tanpa mengganggu keseimbangan alaminya.

Sebagai contoh, pembersih berbasis air cenderung lebih ringan sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Sementara pembersih berbasis minyak mungkin terasa lebih berat namun cenderung lebih efektif untuk mengangkat kotoran yang berminyak maupun sisa makeup tebal. 

Olehnya itu, pemilihan produk ini biasanya dilihat dari fungsi facial cleanser. Selain itu, perlu disesuaikan pula dengan jenis kulit untuk memastikan bahwa produk tidak hanya membersihkan secara efektif, tetapi juga cocok untuk menjaga keseimbangan dan kenyamanan kulit selama proses pembersihan.


banner CTA Kosmetikpedia Collection re

7 Fungsi Facial Cleanser untuk Kulit Anda

Selain membersihkan, masih ada sejumlah fungsi facial cleanser bagi kulit. Penasaran apa saja? Simak, yuk! 

Mengangkat Kotoran dan Polusi

Facial cleanser berfungsi untuk mengangkat kotoran, debu, dan polusi yang menempel pada kulit sepanjang hari. Partikel-partikel ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat atau komedo jika tidak dibersihkan dengan baik.

Menghapus Sisa Makeup

Pembersihan makeup yang tidak dilakukan secara maksimal dapat menyebabkan iritasi dan mempercepat penuaan. Nah, salah satu fungsi penting dari facial cleanser adalah menghapus sisa makeup yang mungkin masih menempel setelah penggunaan makeup remover. 

Menyeimbangkan Produksi Minyak Alami Kulit

Facial cleanser membantu mengatur produksi sebum atau minyak alami di kulit. Hal ini mencegah timbulnya minyak berlebih di kulit tanpa menghilangkan kelembaban alaminya sehingga kulit tetap lembut dan terhidrasi.

Mencegah Munculnya Masalah Kulit

Penggunaan facial cleanser secara teratur membantu menjaga kebersihan kulit, yang penting untuk mencegah berbagai masalah seperti jerawat, komedo, dan iritasi. Kotoran dan minyak yang menumpuk pada kulit termasuk penyebab umum dari banyak masalah kulit, sehingga pembersihan yang tepat dapat mengurangi risiko ini.

Menghilangkan Sel Kulit Mati 

Beberapa jenis facial cleanser memiliki kandungan eksfolian ringan yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Ini berfungsi untuk mencegah penumpukan sel kulit mati yang bisa membuat kulit terlihat kusam dan kasar. 

Menjaga pH Kulit

Facial cleanser biasanya diformulasikan untuk menjaga keseimbangan pH kulit. pH kulit yang seimbang penting untuk menjaga fungsi pelindung kulit, mencegah iritasi, dan mempertahankan kondisi kulit agar tetap sehat. 

Menghidrasi dan Menyegarkan Kulit

Sejumlah facial cleanser mengandung bahan-bahan yang melembapkan dan menyegarkan kulit. Misalnya, kandungan aloe vera atau hyaluronic acid yang dapat membantu menjaga hidrasi selama proses pembersihan sehingga membuat kulit terasa lebih halus dan segar setelahnya.

Dengan sederet fungsi facial cleanser bagi kulit, maka produk ini tentu sangat penting digunakan secara rutin. Tidak hanya untuk memastikan kulit bersih melainkan juga untuk menjaga tampilannya agar tetap sehat dan terawat. 

Rekomendasi Facial Cleanser yang Aman dan Efektif

Setelah mengetahui fungsi facial cleanser, maka pastikan Anda tidak melewatkan penggunaan produk tersebut dalam rutinitas perawatan harian. Meski begitu, Anda mungkin belum menemukan facial cleanser yang cocok untuk kulit Anda. 

Terkait itu, Optimize Shine Beauty Cleanser dapat menjadi salah satu produk terbaik yang bisa Anda coba. Produk yang telah lolos BPOM dengan nomor NA18221204507 ini menawarkan perpaduan bahan-bahan unggulan yang dirancang untuk memberikan perawatan menyeluruh. 

Niacinamide

Salah satu bahan utama dalam Optimize Shine Beauty Cleanser adalah niacinamide yang telah terkenal dalam dunia skincare karena manfaatnya beragam. Niacinamide berperan dalam mencerahkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. 

Ekstrak Licorice

Penggunaannya secara rutin dapat membantu mengatasi masalah kulit kusam dan membuat kulit tampak lebih bercahaya. Ekstrak licorice turut hadir dalam formula produk ini untuk memberikan efek mencerahkan yang serupa sekaligus membantu meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit.

Ekstrak Centella, Kamomil, dan Rosemary

Selain itu, Optimize Shine Beauty Cleanser juga mengandung ekstrak centella, ekstrak kamomil, dan ekstrak rosemary. Ketiga ekstrak ini kaya akan antioksidan dan memiliki sifat menenangkan yang sangat baik untuk kulit sensitif atau iritasi.

Secara khusus, ekstrak centella dikenal mampu mempercepat proses penyembuhan kulit dan meredakan peradangan. Sementara itu, ekstrak kamomil memberikan efek menenangkan serta membuat kulit terasa lebih nyaman dan lembut. Adapun ekstrak rosemary tidak hanya menenangkan, tetapi juga membantu memperbaiki elastisitas kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan. 

Salicylic acid

Untuk kulit yang rentan berjerawat tak perlu khawatir, Optimize Shine Beauty Cleanser mengandung salicylic acid yang terkenal sebagai bahan efektif dalam mengatasi jerawat. 

Salicylic acid atau asam salisilat tersebut bekerja dengan cara menembus pori-pori dan membersihkannya dari kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati untuk mencegah penyumbatan. Selain itu, bahan ini juga menjaga kulit tetap bersih dan terawat sehingga pada gilirannya mampu mencegah pertumbuhan jerawat baru. 

Safflower Oil dan Olive Oil

Selain fokus pada pembersihan dan perawatan, Optimize Shine Beauty Cleanser juga memperhatikan kebutuhan kulit akan kelembapan. Oleh karena itu, produk ini diperkaya dengan safflower oil dan olive oil, yaitu dua bahan alami yang sangat baik dalam menjaga kelembapan kulit. 

Safflower oil memiliki kandungan asam linoleat yang tinggi sehingga membantu memperbaiki lapisan pelindung kulit dan menjaga hidrasi kulit. Sementara olive oil kaya akan antioksidan dan vitamin E, yang berfungsi menjaga kulit tetap lembut dan elastis.

Terlepas dari kandungannya, proses penggunaan Optimize Shine Beauty Cleanser sangat praktis. Cukup ambil produk secukupnya, busakan di telapak tangan, lalu gosokkan secara merata dari wajah hingga leher dengan gerakan memijat lembut. 

Teknik pijatan ini tidak hanya membantu membersihkan kulit, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah di area wajah, yang pada akhirnya dapat memberikan tampilan kulit yang lebih segar dan bercahaya. Terakhir, bilas dengan air bersih untuk merasakan kulit yang bersih dan lembut.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, Optimize Shine Beauty Cleanser menyimpan seluruh fungsi facial cleanser sehingga menjadikannya pilihan tepat untuk menjadi bagian dari rutinitas perawatan harian Anda. Olehnya itu, bagi Anda yang tertarik mencobanya, yuk pesan produk ini sekarang dengan cara klik tombol di bawah. 


banner CTA Kosmetikpedia WA re